Utang Riba: Bayar KENA Nunggak Kena!

17 January 2017 - Kategori Blog

perangkap riba bayar kena mundur kenaPRK.. PERANGKAP RIBANYA KENA!

Entah sudah berapa banyak orang yang curhat kepada saya, mereka terjebak utang bertahun-tahun karena terlena dibuat tampak kaya di depan, kere belakangan..

Saya pun dulu mengalaminya.. hehe

Katanya PRK itu kepanjangannya Pinjaman Rekening Koran, atau apalah itu.. yaitu kita dapat kredit cash di depan, yang dibayarkan bunganya hanya uang yang kita pakai..

Sekilas menarik ini, kalau dipakai kena bunga, gak dipakai ya gak kena bunga..

Misal gini, kamu punya rumah senilai 500 juta rupiah, sertifikatnya tersimpan di lemari rumah dengan aman, nyaman, damai dan sejahtera. Senang dia disimpan dibawah tumpukan baju yang wangi dan anget siang malam..

Karena alasan butuh modal usaha, atau agar punya uang cash yang sewaktu-waktu bisa diambil, sertifikat itu kamu ambil dari tempat nyamannya, pindah ke kantor pemberi kredit dengan akad riba. Inget, penjelasan Nabi Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam

“Semua utang yang menghasilkan manfaat maka itu RIBA.” [HR. Ibnu Abi Syaibah]

Cairlah uang misal 400 juta ke rekeningmu, 80% dari nilai rumahmu. Disinilah setan dan nafsu ikut bermain, biasanya di rekening ada uang 5 juta atau 20 juta lah.. tiba-tiba ada angka: 400.000.000!!! Wow!!

Yang hatinya buta, langsung panas hatinya: “Wow!! Rejeki nomfloook nih!! ”
“Wuidiiih duit segini masak cuman didiemin aja?”
“Waah, punya cash segini, ganti mobil kayaknya asik nih! Tetangga aja mobilnya dah baru semua!”
“Duit segini sayang kalau nganggur, aku pakai umroh sekeluarga paling habis 100 juta, toh hanya bayar yang dipakai saja..”
“Ah aku mau invest di bisnis baru itu ah, modal 200 juta, tiap bulan dapat 10%, cukup laaah buat bayar bunga pinjaman 11% setahun, sisanya pasif income deh! Santai-santai, tiap bulan uang melambai!”

Daaaan sejuta alasan lainnya yang membuat kita berfikir gimana caranya agar duit di rekening itu kepake! Kalau yang gak tergoda, maka bulan depan petugas kredit akan menelephonmu..

“Pagi pak, mutasi bapak di rekening PRKnya belum jalan itu pak, tolong pak digunakan uangnya.. kalau gak bagus mutasinya gak akan kami perpanjang tahun depan..”

“Lah saya gak butuh apa-apa nih mas, masak mau saya pakai uangnya..”

“Ya dipakai buat beli apalah pak, nanti bapak punya uang langsung masukin lagi ke rekening korannya, biar bunganya sedikit…”

Hehehe… ada yang pernah ditelpon begitu?

Atau malah kamu dulu petugas yang nelpon itu? Kejar targettttt brooo…!!

Dan ketika perangkap itu kena, percayalah gak butuh waktu lama uang itu ludessss seketika!

Buat invest atau bisnis malah ludes uangnya?
Ya jelas laaah… sumber yang buruk bakalan hasilnya buruk.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda:

“Siapapun yang memperbanyak hartanya dari RIBA maka ujung akhir urusannya adalah kemiskinan.” [HR. Ibnu Majah 2365]

Udah deh, tiap bulan kerja banting tulang hanya untuk bayar bunganya saja.. karena uangnya ludes semua!

“Saya sudah transfer 6 juta mas, berapa sisa utang saya?”
“Ya masih utuh pak! Itu 6 juta hanya untuk bayar bunga rekening koran bulan ini saja, selama bapak belum bisa kembalikan 400 jutanya, maka tiap bulan bapak harus bayar bunganya terus..”

CLENG!! CLENG!!

Biasanya kepala kayak dipukul pakai palu segede gajah! Pusiiing dan limbung!

Makan gak enak..
Tidur gak nyenyak..
Sholat gak khusuk..
Pikiran teler kayak orang mabuk..

Di level ini banyak orang yang sudah putus asa karena betapa tersiksa hidupnya..

Endingnya banyak yang perih, lemari pakaian tempat untuk menyimpan sertifikat itupun harus dikeluarkan dari kamarnya, karena rumah itu harus disita..

Sedih yaa..

@Saptuari

Sila share jika menginspirasi